Selasa, 11 Oktober 2011

akuntansi., suatu pengantar ^^

*Pengertian Akuntansi*
akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
 
akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

*Sejarah Akuntansi*

awal munculnya akuntansi tuh pada abad 3000 - 256 SM di daerah Timur Tengah dan China. di abad tersebut, mereka sudah mulai melakukan pencatatan, walaupun pencatatannya masih tunggal. Di tahun 1340, ditemukanlah double entry bookkeeping, yaitu pencatatan secara berpasangan (debit dan kredit). double entry bookeeping ini ditemukan oleh Massary, Genoa, Italia. double entry bookeeping juga disebut embrionya akuntansi.

pada tahun 1494, pertama kalinya diterbitkan buku tentang double entry bookeeping yang disusun oleh Luca Pacioli di Italia. dan pada abad ke 16-17, double entry bookkeeping layak disebut sebagai ilmu pengetahuan.

*Tujuan Akuntansi*

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

*Jenis Akuntansi*

Menurut Mulyadi di buku Akuntansi Biaya (2005, 1) megemukakan bahwa ada 2 jenis akuntansi., yaitu Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen.

Akuntansi Keuangan : ditujukan untuk menyajikan informasi keuangan bagi pemakai di luar perusahaan. contohnya : pemegang saham, kreditur, pelanggan, para analisis keuangan, karyawan dan berbagai instansi pemerintah.

Akuntansi Manajemen : ditujukan untuk menyediakan informasi keuangan bagi keperluan manajemen perusahaan.

*Pencatatan dalam Akuntansi*
umumnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu basis akrual (accrual basis) dan basis kas (cash basis)

basis akrual : pencatatan dilakukan pada saat transaksi, walaupun uangnya belum diterima atau dikeluarkan.

basis kas : pencatatan dilakukan pada saat uang diterima atau dibayar.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar